Ekstensi S1 atau D4?

kadang aku gak ngerti sama beberapa oknum pelajar vokasi yang ngotot pengen ekstensi ke S1.
sebagai pelajar vokasi juga, saya pikir ya... ini opini ya :p

d3 sama s1 itu beda tapi sama. kita sama-sama belajar kalkulus sama mekanika fluida (ini saya teknik mesin ya, hehe) tapi bedanya kalkulus yang saya pelajari itu bukunya gak sampe 4 jari. paling satu kelingking
ini maksudnya apa? maksudnya, yang saya pelajari itu hanya dasar-dasar kalkulus yang gak jauh dari pelajaran sma.

nah d3 sama s1 itu beda tapi sama. kita sama-sama belajar teknologi mekanik. tapi pelajar yang d3 itu pasti belajar nya dari yang paling konvensional dulu, dari kikir dulu terus sekrap, terus freis atau bubut, terus baru cnc. sementara buat jenjang s1 ada beberapa hal yang dilangkahi. mereka biasanya langsung ke mesin-mesin semi konvensional kaya langsung ke mesin bubut gitu... iri juga sih. pedih banget rasanya ngikir besi 2 minggu. hahahaha

dari dua hal tersebut, kita gak bisa memutuskan yang mana yang lebih baik, karena keduanya juga punya kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi

nih ya, buat bung bung sekalian yang pingin dan ngebet banget ekstensi ke s1. aku pikir ya... (ini opini)
dilihat dulu tujuannya lanjut s1 itu mau gelar atau bener-bener pengen dapet ilmu.

yang pasti ya, kalau kalian eligible... gpa nya bagus dan bisa ngerjain kalkulus ala mahir. kalian oke aja masuk s1. tapi kalo tipe-tipe aku sih... belajar kalkulus sekali hap hinggap terus raib abis uts ato uas... kalau di sebut no hope sih enggak. tapi bakal kewalahan aja, ini pasti bukan hal yang baik ya... mending ambil ke d4 aja deh.. kalo ada

nah, kebijakan ugm  membatasi ekstensi dengan syarat ketat bukan sesuatu yang mesti di kritik juga (eh lama-lama buka kartu juga nih .. wkwk) ... malah harus jadi buah pikiran yang kritis buat kita... (vokasi-ers) buat ngelanjutin ke jenjang yang lebih keren... aku sih mikirnya... kalau susah nyari d4 di sini... ya cari d4 di sana.. kali aja ada gitu di jepang atau india... haha hehe... gitu

belajar di vokasi itu cape tapi rame!!! apalagi diploma teknik mesin ugm, haha... pertama kali masuk kuliah udah tampan cakep makin gagah banget pake megang kikir sama besi.. haha -_-"

terus semester 2 makin kejam sama rubber hammer dan gunting plat. pas jalan ke terminal terban, aku liat tukang se-eng atau langseng yang lagi kerja.. setelah itu juga aku bilang dinar "nar, itu pekerjaan kita.." hahahaha.

jangan kecil hati loh! lihat nanti kita tumbuh jadi apa? awalnya sulit seperti kokon yang harus berpuasa. nyebelin dan cape seperti ulat... tapi nanti kita jadi imago seperti kupu-kupu dengan sayap yang indah (aduh alai)

engineer is an attitude = insinyur adalah sebuah sikap

Comments

Popular posts from this blog

WARJOK : great place to remember

pengalaman ke Giggle Box jatinangor

Sumedang Larang