Near

M: do you think He is near like christian does (me)?

M: or up in sky look at you?

salah satu temanku mempertanyakan eksistensi Allah (tuhanku) apakah ia dekat denganmu, atau ia berada di langit melihatmu...

inilah pertanyaan wagu yang sama-sama sedari lama aku juga bertanya. bagaimana aku menjawabnya? aku sudah bingung, belum lagi aku harus menerjemahkannya ke dalam bahasa ingris. aku tahu hal itu pasti kacau balau. aku tak mengerti maksud pertanyaannya seperti apa. jadi aku jawab

A: He is up in sky
A: sometimes you feel so close with him
A: sometimes you feel so far far far
A: tergantug keadaan imanmu
M: how do you know it's him?
M: me he is near on earth

ia menanyakan eksistensi tuhan secara fisik. aku berpikir bagaimana cara menjelaskan hal ini kepada seseorang yang tidak lahir di keluarga islam?

sudah dua orang yang bertanya seperti ini... 

buatku Allah itu maha adil dengan tidak menunjukan wujudnya, semua orang... baik yang memiliki mata ataupun buta, sama-sama tak bisa melihatnya. jika tuhan memiliki wujud, bagaimana orang buta bisa mengenali tuhannya? bagaimana?

lebih dari itu semua pada akhirnya semua orang *seharusnya* sepakat kalau tuhan bukan sesuatu yang *seeing is believing* karena beberapa orang nasrani buta akan percaya kalau yesus tuhannya ada meski ia tak pernah melihatnya.

bagimu agamamu, bagiku agamaku

Comments

Popular posts from this blog

WARJOK : great place to remember

pengalaman ke Giggle Box jatinangor

Sumedang Larang