KERJA BANGKU


pertama kali aku masuk sebagai seorang mahasiswa teknik mesin.
aku disuguhi praktek kerja bangku. aku yang masih tabu dan tidak mengenal besi, dengan cepat mengakrabkan diri.

lalu terkadang muncul halusinasi-halusinasi teman-temanku yang prakteknya bersih di ruangan ber-ac. hanya memegang tabung reaksi, lalu tertawa-tawa. atau temanku yang lainnya yang sedang menjadi koki belajar memasak sambil makan.... mereka tertawa-tawa sambil bilang "Emang enak NGIKIR!" "Lo pikir Besi Itu KUE apa??" "KIKIR yang BENER, CUK!" mereka teriak dan tertawa dalam bayanganku...

mental aku terjun sampai bisa-bisanya mentalku menggali hingga bawah tanah. aku malas mengerjakan pekerjaan tukang ini. bisa nya main otot. peluh terus bercucuran. aku bahkan belum sempat duduk semenjak 5 jam yang lalu. sementara besi ini tak mau menipis barang satu mili saja. tenagaku terkuras habis.

tenagaku terkuras habis bukan hanya karena mengikir, tapi karena mentalku juga ikut menggali tanah. tanganku terasa kebas mati rasa. aku memutuskan untuk istirahat sebentar dan duduk.

baru kali ini aku merasa saat duduk rasanya nikmat sekali.

wahai para pembaca yang utamanya anak teknik mesin. sadarilah, kalau kata dosenmu atau instruktur bilang kerja bangku ini akan menumbuhkan rasa menghargai hidup dan karya. hal itu memang IYA!

kalau kata instruktur dan dosen bilang kerja bangku ini menumbuhkan ketekunan dalam mengerjakan sesuatu, hal itu memang IYA!

jangan pikir pada saat kerja bangku ini cuma MAIN OTOT, tapi dalam kerja bangku ini kita belajar mengendalikan perasaan. bagaimana kita mengendalikan tenaga kita, bagaimana kita mengendalikan mental kita, dan bagaimana kita mengendalikan diri kita :D

yang lagi kerja bangku, tetep semangat ya.

SOLIDARITY M FOREVER

Comments

Popular posts from this blog

WARJOK : great place to remember

pengalaman ke Giggle Box jatinangor

Sumedang Larang