Wisata Kulon Progo


Setelah perjuangan menghadapi revisi tugas akhir, menghadapi the dire dalam party dota akhir-akhir ini, menghadapi sidang pendadaran yang ngawur banget presentasinya. saya dan teman-teman punya waktu luang diantara hal-hal yang tadi menuju wisuda. (wkwk, saya sempet bolos ngerjain revisi gara-gara main game). tibalah ide untuk bersilaturahim dengan alam.

kebetulan yah, yudan (teman saya) yang ekstensi di ITS sedang pulkam ke jogja. jadilah dia kami ajak untuk main. meski tujuan mainnya belom jelas mau ke mana, yang jelas yudan sedang di jogja dan dia punya go pro. oke, kita emang aga norak ngajakin yudan karena dia punya go pro... wkwkwk. tapi kita emang deket ko sama dia. *eh kalau yudan marah bilangin aja itu emang aldi yang pingin foto pake go pro.

jadi kawan main saya kali ini ada aldi, henri, yudan, dan datik yang memang orang kulon progo dan rencana kami memang main ke curug-curug di kulon progo. gak tau curug apa, pokonya curug di kulon progo ajah.

gatau deh gimana bahasnya, yang pasti di perjalanan  menuju tkp itu di berjajar curug curug yang tinggal pilih, mau keindahan macam apa yang akan kita kunjungi. ada banyak curug di sepanjang jalan. ada curug kedung pendut, grojogan sewu, sinduharjo. nah. ceeritanya mau ke curug sinduharjo dengan navigasi dari googel map, tapi kampretnya terasa lama dan ngga nyampe-nyampe. udah siang dan terasa ngantuk karena sepanjang perjalanan ngelewatin hutan pinus yang adem kaya di lembang bandung. jadi kita balik arah dan mampirnya ke grojogan sewu.

aih, kalau kalian buka blog ini untuk nyari info rute perjalanan dan tips kayanya ane gak akan bahas itu. coba lihat blog sebelah kalau untuk RUTE nya ya titik0jogja.blogspot.co.id - rute ke grojogan sewu


jadi di grojogan sewu itu, ada main waterfall nya, seperti pada gambar di atas itu, dan ada anak anak air terjunnya yang berumpak umpak sampai bawah seperti ada seribu umpak. gw gatau apakah itu umpak, tapi maksudnya sih ber tangga-tangga gitu. dan suaranya memang grojogan. enak buat meditasi kayanya.

di bawah air terjun utamanya yang paling gede itu ada kolam, boleh berenang, tapi dilarang lompat, banyak batunya gan, dan kedalaman lubuknya sampai 5 m (info dari papan informasi sana) jadi renang-renang gini aja.

meski musim hujan, tapi entah kenapa air di sini lumayan jernih kaya di foto itu, dan kami nyempetin mandi di sana. wkwk.


gak lama di grojogan sewu, petualangan kami berlanjut ke kedung pedut. air terjun yang ini sedikit lebih populer,  karena kalau diedit, foto air di air terjun ini bisa berubah warna menjadi tosca. tapi ajaibnya air terjun ini di selimuti oleh pepohonan yang hijau hijau dan lembah yang curam, kita harus melewati jembatan bambu yang ngemplad. atau emplad empladan melenoy ketika dilewati oleh beberapa orang sekaligus.  oh iya. sebenernya air di sini warnanya keputih-putihan, hal itu bisa jadi disebabkan sungai di hulu nya melalui pegunungan kapur, jadi warnanya seperti itu. kalau memang begitu, itu artinya juga kandungan mineral dan kalsium di air ini lumayan loh!

kalau mau mandi enaknya pasosore, ketika pengunjung lain mulai pada pulang. tapi yah, airnya jadi adem banget, kalau kuat main air seru-seruan sih nggak apa-apa. kalau jari udah mulai kaya bulus, mending naik aja, segera salin rupa jadi manusia, dan pakai jaketnya... wkwk



nah, petualangan kita beres deh, langsung cap cus pulang. eh, ke rumah yudan dulu untuk minta foto. sebenernya semua pada pengen cepet pulang, dan minta fotonya kapan-kapan. tapi aku aga maksa ke rumah yudan dulu sehabis ini, soalnya yudan mau balik ke surabaya. setelah ngemil baso malem-malem. meskipun aku sering diledekin kalau main ke rumah yudan, karena hal yang ngisinin. tapi aku berusaha biasa aja, meski sebenernya aku pengen ketawa kalau nginget hal itu.

"leh, enak kalau ke rumah yudan. pasti nanti dikasih makan" gitu kata aldi, nah.. ceritanya aku sekitaran begitu deh. nanti aku ceritain di episode main ke sri getuk.

karena ngopi fotonya lumayan lama, dan sekalian ngopiin dota ke komputernya yudan, dan kalaupun mau pulang juga diluar lagi gerimis. jadinya hari tau-tau sudah sangat gelap. jadi kami disuguhin makan (as always) spesialnya si kudus, karena gemar makan kerupuk seperti yang dicanangkan pemerinah negara beling, di rumah yudan selalu sedia kerupuk blek jikalau aldi dateng.

dan kalau aldi datang ke rumah yudan, dan di depannya nyampak kaleng kerupuk. dia gak akan duduk dulu, melainkan buka kaleng kerupuk dulu. hahahaha. kalau gak percaya ada nih fotonya.

Comments

Popular posts from this blog

WARJOK : great place to remember

pengalaman ke Giggle Box jatinangor

Sumedang Larang