Gunung Api Purba Nglanggeran


Setelah main ke kulon progo, besoknya kami main ke nglanggeran. manusia memang suka bermain-main. ide main ini biasanya muncul dari aldi. manusia yang itu memang bosenan dan nggak betahan, karena menunggu waktu wisuda masih panjang, jadilah kami bermain-main ingin ke sana ingin ke sini banyak sekali.

karena rikwesnya aldi pingin naik gunung dan belum kesampean semenjak dia tinggal di jogja, alhasil kita berencana naik gunung mini yang lumayan bikin ngos ngosan di daerah GK. Gunung Api Purba Nglanggeran.

gak kaya gunung lain yang sangar, gunung ini ramah. basecampnya bagus, ada joglo untuk istirahatnya juga, terjangkau sinyal hape dan kami diberi nomor darurat kalau kalau di atas ada masalah. masuknya bayar 8000 rupiah, dan parkir 2000... atau 1000 ya, lupa.

semua hal tentang gunung ini, tampak "WAH! ITU BATUNYA GEDHE" yang aku bilang batu gedhe itu memang batunya benar-benar sebesar gunung, yang gak tau gimana ceritanya blek segede gitu. ajaib. entah emang akunya yang bego aja.

di sekitar rumah-rumah warga ada perkebunan kakao, ingin rasanya metik, tapi ya gak boleh lah. wkwkwk. kami naik-naik ke puncak gunung dan ngos ngosan. utamanya karena aku kelamaan nggak ngelatih fisik akhir-akhir ini. gunung api lantas jadi menu buka puasa setelah hampir setaun nggak naik gunung.


jadi di desa nglanggeran ini ada embung juga yang disebut embung nglanggeran yang bisa diliat dari puncak gunung api sebagai kolam kecil di horizon sana.


aldi emang paling rusuh, baru saja sampai basecamp puncak. dia rusuh foto-foto. kadang bikin bete. soalnya aku lagi cape, masih pingin duduk duduk, dia malah lah leh lah leh fotoin. wkwk. "diem dulu deh! orang muncak tu mau menikmati alam, bukan foto-foto" terus dia diem dan minta datik yang fotoin.


setelah foto sana-sini, kami memutuskan pulang. di jalan setapak, aku menemukan mahluk kecil yang unik ini. entah walang apa. warnanya item, gak bisa loncat, warna mencolok, dan meski tadi disebut mahluk kecil, walang ini segede jempol tangan ada mungkin. mulanya lucu sekali, aku tertarik melihat lihat. tapi waktu berdiri, henri bilang "nih ada lagi, leh!" waktu nengok kirinya dia bilang lagi "eh ini ada lagi!" waktu dia nengok semak belukar di depannya "leh ada banyak, leh!" karena aku pikir walang ini langka, aku nggak percaya kalo ada banyak. "Mana hen?" kata aku.

anjir -_- hahah ternyata walangnya menuhin semak. aldi dan datik ada di belakangku. setelah liat mahluk hitam menggeliat geliat di semak, aku teriak. "WAAAAAAA" dan lari ke belakang. ke arah datik dan aldi. lalu datik ikut teriak "AAAAAK" lari ngikutin aku, dan kakinya kesandung akar pohon. dan jatuh. lalu teriakku jadi ketawa "WAHAAHHA" aldi juga ikut ketawa. kecuali henri... wkwk.

begitulah kisah aku dan teman-teman main ke gunung api nglanggeran. setelah naik gunung, petualangan kami selanjutnya adalah ke air terjun sri gethuk.

Comments

Popular posts from this blog

WARJOK : great place to remember

pengalaman ke Giggle Box jatinangor

Sumedang Larang