pancasila yang dulu bukanlah yang sekarang

aku masih inget dulu jaman sma dulu ada lagu garuda pancasila versi hari roesli
Garuda pancasila
Aku lelah pendukungmu
Sejak proklamasi
Selalu berkorban untukmu
Pancasila dasarnya apaaaa
Rakyat adil makmurnya kapaaan
Pribadi bangsaku
Tidak maju majuu
Tidak maju majuu
Tidak majuuuu majuuuu
itu sebenernya sih lagu lama,, bayangin, sejak dulu pancasila memang menyedihkan, sekarang makin menyedihkan. pengamat ekonomi menyebutkan kalau sekarang negara kita ideologinya pancasila liberal kapital. wiii serem
oke, pancasila… gambar garuda pancasila. punya 17 bulu di sayap kanan, dan 17 bulu di sayap kiri. kalau dijumblah sayap kanan kirinya punya bulu 34 buah.
kupikir, ngga masalah kalau pancasila itu kehilangan satu sayapnya. mau kanan mau kiri… tetep 17, dan itu gak akan merubah makna kalau kita merdeka tanggal 17. iya?
disebut jaman perang dunia, indonesia memproklamasikan sebagai negara non-blok yang gak mihak kanan atau kiri. yang mana kanan itu amerika, yang kiri itu rusia.
gatau deh istilah mana sayap kanan sayap kiri.
tapi kalau diliat dari keadaan sekarang, seharusnya garuda kita melipat sayap kirinya dan membentangkan lebar-lebar sayap kanannya, dan merubah seringai di paruhnya jadi senyum selamat datang.
duh, garuda kita punya dua sayap aja ga terbang-terbang, bung! apalagi liat kondisi sekarang cuma 1 sayapnya aja yang buka.
bagusnya sih garuda kita lagi terbang ya, terbang tinggi di angkasa….

Comments

Popular posts from this blog

WARJOK : great place to remember

pengalaman ke Giggle Box jatinangor

Sumedang Larang