nasib manusia kidal


kadang kita suka kasian sama anak-anak teka yang kidal, yang kadang sama orang tuanya selalu dicekoki "tangan baik" hahaha.
kalau ngasih pakai kanan, kalau nerima pakai kanan juga. hahah iya kan?

iya, tangan kanan sama tangan kiri, kalau digunakan untuk kebaikan akan jadi baik, kan?
dilemanya jadi manusia kidal di indonesia ya begitu. terkendala di situ aja, tentang tangan baik dan tangan buruk.
sebenarnya ada juga fiqih yang membahas tentang mendahulukan tangan kanan. tentang kebiasaan rasul saw menggunakan tangan kanan dibanding tangan kiri. hal ini mungkin karena beliau seorang right handed. seperti aku dan kebanyakan orang di dunia.
tapi kalau ditelaah lagi, saat beliau bersuci, beliau mendahulukan membersihkan bagian kanan tubuhnya. kalau di rumah masih byar byur gayungan, untuk membersihkan badan sebelah kanan, harus pakai tangan kiri dong ngambil airnya. hususnya ane, merasa kesulitan waktu harus ngangkat air pakai tangan kiri. :"D
entah aku yang awam atau gimana ya, rasanya mau kita tangan kanan atau tangan kiri, tentunya kita harus bisa menyeimbangkan motorik kita. seperti halnya rasul membagi tangan kanan dan tangan kiri untuk tugas yang berbeda.
buat yang kidal, jangan merasa tabu saat kebiasaanmu ternyata berbenturan dengan kebiasaan mahluk pasaran di dunia ini :"D, kamu unik! kalau soal budaya, mungkin sekarang manusia sudah mulai terbuka, coba ungkapkan saja kalau kamu itu kidal, maaf kalau kelupaan makan pakai tangan kiri. hahaha gitu!

atau mau kaya temanku? yang nulis pakai tangan kanan tapi kalau olah raga dia sepenuhnya kidal? itu juga keren. atau mau kaya aku? yang kadang tangan kirinya pengen nulis tapi hasilnya jelek? haha

selamat hari kidal sedunia :V

Comments

Popular posts from this blog

WARJOK : great place to remember

pengalaman ke Giggle Box jatinangor

Sumedang Larang