afghanistan di film the kite runner

the kite runner adalah novel yang ditulis khaled hosseini di tahun 2003 dan diadaptasi menjadi film di tahun 2007 yang disutradarai oleh mark foster.
semenjak pertama membeli novelnya ditahun 2008 (smp kelas 2) saya hanya mampu menangkap beberapa pesan moral (yah yang masuk kedalem akal anak smp aja) dan beberapa kisah haru.
oke, ini bukan resensi. cuma ulasan aja… ulasan panjang lebar. hehe.
the kite runner ini sebenernya genre-nya drama. bercerita tentang dua orang anak yang bersahabat antara amir-jan dan hassan. amir adalah anak orang kaya, dan hassan adalah anak pembantunya. kisah persahabatan mereka luar biasa. hassan begitu loyal kepada amir, hingga andaikala jika amir meminta hassan untuk memakan kotoran, hassan akan memakannya. akan tetapi hassan tau kalau amir tak akan memintanya untuk memakan kotoran. (hehe).
hassan pandai bermain layangan, dan ia juga pandai mengejar layangan yang putus. satu hari dalam sebuah pertandingan layangan di kabul (kota di afghanistan) hassan menjadi mentor amir dalam pertandingan dan mereka berhasil memenangkan layangan yang diterbangkannya. lalu hassan bertanya kepada amir “apakah kau ingin aku mengejar layangan itu?” dalam filem nya amir tak berkata, tapi menjawab iya. lalu hassan berlari sambil berteriak “akan kulakukan 1000 kali jikau kau memintanya”
aku kurang paham, sekaligus salut mengapa hassan begitu loyal kepada amir. mungkin hassan menyayangi amir seperti adiknya sekaligus seperti tuannya. hingga satu masa, amir (mungkin) merasa terbebani dengan sikap loyal hassan, yang kadang malah mencelakai hassan sendiri.hingga amir meminta baba untuk mengganti pembantunya. tapi baba (ayah amir) begitu mencintai hassan dan keluarganya, dan amir mem-fitah hassan mengambil jam tangan barunya, dan keluarga hassan akhirnya memutuskan untuk tidak lagi bekerja di rumah baba. amir dan hassan lalu tak pernah lagi bertemu.
di novelnya aku kurang menangkap kalau ternyata ada invasi soviet di afghanistan yang memaksa amir dan baba migrasi ke amerika sebagai imigran. (mungkin karena otak-ku masih smp ya, gomen) dalam novel dikisahkan secara detail saat para imigran gelap menerobos menuju pakistan dengan mobil tanki. bagaimana pengapnya di dalam tanki hingga ada satu korban. ya, tapi di film hanya diulas sebentar.
yah, meski filem ini tentang drama, bukan bahas soal politik di timur tengah. tetap aja ya, alasan politik dan geografi afghanistan ga bisa dihindari dalem filem ini.
ya, setelah menjadi imigran di amerika, lalu paman amir menelpon dari pakistan meminta amir untuk pulang mengunjunginya karena satu hal, yaitu hassan telah mati dan meninggalkan seorang anak. dan amir memutuskan untuk membawa sohrab (anak hassan) ke amerika.
oke, aku pertama baca kite runner itu kelas 2 smp, dan baru liat filemnya di tahun 2015 (sekarang aku kuliah tingkat 3). bagaimana sudut pandang anak kuliahan terhadap the kite runner sekarang memang udah beda. aku merasa takjub.
bagaimana sebuah gambar bergerak ini menunjukan afghanistan sebagai sebuah bentangan tandus nan dingin di bawah kaki gunung himalaya. (himalaya bukan sih :p? bukan tapi pegunungan hindu kush) . aku pertama kali liat scene afghanistan itu dari filem walter mitty. keren.
meski take scene filem kite runner itu di xinjiang uyghur – china tapi sebelahan lah sama afghanistan. sumber:




nah, aku jadi ada pencerahan tersendiri mengenai konflik timur tengah, hususnya afghanistan. ya, karena invasi soviet ditahun 1979 terbentuklah mujahidin taliban yang mengusir soviet dari afghanistan. taliban ini (katanya) dibiayai amerika. sumber kita kan tau sendiri tuh soviet itu musuhnya amerika, yah sayap kanan sayap kiri lah.
taliban berjasa mengusir soviet, tetapi juga digambarkan begitu keras dan suka sodomi, sehingga  menimbulkan teror pada warga sipil.
oke itu sisi politik.
ada satu hal menarik yang sering diungkit-ungkit di filemnya. yaitu hassan sering dipanggil hazara. apa sih hazara itu?
hazara itu nama suku yang tersebar di asia tengah banyaknya di afghanistan, iran dan pakistan. hassan di ejek hazara karena idungnya pesek, dan jelek, di novel diceritakan kalau hassan itu mempunyai bibir sumbing. mungkin karena suku hazara memiliki sedikit gen mongoloid :v
di kenyataannya, suku hazara memang di diskriminasi oleh suku pashtun, orang-orang hazara tidak diperbolehkan sekolah, mendapatkan perawatan medis, dan hanya bekerja kuli. dan orang-orang hazara dijadikan sasaran pembunuhan oleh taliban (?) atau orang-orang pashtun (?). pokonya orang-orang hazara itu nggak punya tempat lah istilahnya, mereka akhirnya hidup di gua bawah tanah dan sebagian menjadi imigran, dan ada yang mendapat perlindungan di australia. orang-orang hazara dibantai mungkin karena mereka mayoritasnya syiah.

hazara assylum seeker
selain hazara, ada juga suku pashtun. suku mayoritas yang idungnya mancung-mancung. diliat dari gene nya mereka lebih ke kaukasoid, matanya hazel, hijau, dan biru. rambutnya ada yang gelap ada yang pirang. mungkin mereka itu cantik cakepnya persia.
menurut internet sih, suku pashtun itu merupakan anak cucunya raja saul israel, afghana. tapi ada yang bilang juga mereka itu ancient aryans. suku pashtun ini mayoritas di afghanistan dan pada abad ke 13 – ke 16 banyak yang bermigrasi ke pakistan. sejak pashtun itu mayoritas, mereka lebih berkuasa, mereka memegang pemerintahan, mendapat pendidikan dan pelayanan kesehatan
sumber: perbedaan hazara dan pashtun menurut internet


oke, ada apa dibalik diskriminasi hazaras, menurutku bukan sekedar karena mereka lebih pesek dan sipit… tapi kenapa ya… hehe
oh iya, selain masalah gen ini, mari kita liat apa sih yang ditinggalakan soviet di afghanistan.
salang tunnel

salang tunnel ini menghubungkan bagian utara afghanistan dengan kabul, dibuat oleh soviet pada saat perang, dan ditinggalkan dalam kondisi mengenaskan. salang tunnel jadi satu-satu nya jalan pintas yang menghubungkan kedua tempat ini telah diperbaiki oleh engineer army amerika. karena lalu lintas yang padat, banyak sekali kendaraan yang mengantri untuk melewati terowongan ini, dan pernah terjadi longsor salju juga yang menimpa antrean kendaraan yang hendak masuk ke terowongan ini.

profil salang tunnel

Comments

Popular posts from this blog

WARJOK : great place to remember

pengalaman ke Giggle Box jatinangor

Sumedang Larang